Minggu, 22 Oktober 2017

Pengertian Busana

Kata busana berasal dari bahasa sansekerta yaitu " bhusana" dan istilah yang paling populer dalam bahasa Indonesia adalah busana yang dapat diartikan sebagai pakaian.


 busana dan pakaian tidak jauh berbeda busana mempunyai konotasi " pakaian yang bagus dan indah" yaitu pakaian yang serasi , harmonis,selaras, enak dipandang, nyaman dilihat serta sesuai dengan kesempatan. Sedangkan pakaian adalah bagian dari busana itu sendiri.

Busana dalam pengertian luas adalah segala sesuatu yang dipakai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki yang memberi kenyamanan dan menampilkan keindahan bagi sipemakai. Secara garis besar busana meliputi :
1. Busana mutlak yaitu busana yang tegolong busana pokok seperti baju, rok, kebaya, blus,dan lain-lain termasuk pakaian dalam seperti singlet, bra, celana dalam dll.

2. Milieneris yaitu pelengkap busana yang sifatnya melengkapi busana mutlak serta memiliki nilai guna disamping untuk keindahan. Seperti sepatu, topi, kaus kaki, kacamata, jam tangan dll.

3. Aksesoris yaitu pelengkap busana yang sifatnya hanya untuk menambah keindahan sipemakai. Seperti cincin, kalung, bros dll.
















Pemakaian istilah busana dalam bahasa inggris sangat beragam seperti :
1. Fashion, lebih difokuskan pada mode yang pada umumnya ditampilkan seperti istilah mode yang biasanya digemari masyarakat yaitu in fashion, mode yang dipamerkan disebut fashion show, pencipta mode disebut fashion designer dan buku mode disebut fashion book.

2. Costume, istilah ini berkaitan dengan jenis busana seperti busana nasional yaitu national costume, busana muslim disebut moslem costume, busana tradisional disebut traditional costume.

3. Clothing, dapat diartikan sandang atau busana yang berkaitan dengan kondisi atau situasi seperti busana untuk musim dingin disebut winter cloths, busana musim panas yaitu summer cloths dan busana untuk musim semi yaitu spring cloths.

4. Dress, dapat diartikan seperti gaun, rok dan blus yaitu busana yang menunjukkan kesan tertentu misalnya busana untuk kesempatan resmi disebut dress suit, busana seragam disebut dress uniform, dan busana untuk busana dress party. Dres juga dapat dipakai untuk menunjukkan mode pakaian seperti long dress, sack dress, maupun Malaysian dress.

5. Wear, istilah ini dipakai untuk menunjukan jenis busana itu sendiri, contoh busana anak disebut children's wear, busana pria disebut men's wear dan busana wanita disebut women's wear.

Fungsi busana yaitu :

Busana berfungsi hanya untuk melindungi tubuh dari sinar matahari, cuaca maupun gigitan serangga. Seiring perkembangan jaman ilmu pengetahuan dan teknologi maka hal itu juga berpengaruh pada fungsi busana itu sendiri.
1. Ditinjau dari aspek biologis yaitu untuk melindungi tubuh dari cuaca, sinar matahari, debu, serta gangguan binatang. Selain itu busana juga berfungsi untuk menutupi atau menyamarkan kekurangan dari sipemakai.

2. Ditinjau dari aspek psikologis busana dapat menambah percaya diri pada sipemakai sehingga menimbulkan sikap dan tingkah laku yang wajar. Busana juga dapat memberikan rasa nyaman pada sipemakainya.

3. Ditinjau dari aspek sosial  busana berfungsi sebagai , penutup aurat, menggambarkan adat dan budaya, untuk media informasi suatu instansi ataupun lembaga dan senagai media komunikasi verbal.

4 komentar: